Kumpulan Artikel & Seputar Kesehatan

Akibat Sering Begadang dan Efek Sampingnya

Alhamdulillah saya kembali berposting Akibat sering Bergadang, sekarang saya akan membahas tentang akibat yang didapatkan karena sering melakukan begadang. Kita tau bahwa tubuh kita akan terasa lemas dan mata terasa mengantuk jika kita tidak tidur malam karena Pola tidur yang kurang teratur, dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Tidur yang larut malam tetapi ingin bangun pagi-pagi adalah memainkan waktu dengan keras mungkin. Karena tubuh anda butuh waktu istirahat yang normal 7-8 jam. 


  • Konsentrasi Menurun
Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.

  • Masalah Kesehatan Serius
Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko :

Menurut beberapa penelitian, 90 persen penderita insomnia- gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam – juga mengalami risiko kesehatan serupa.

  • Memengaruhi Kesehatan Kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. “Ini terjadi saat tubuh sedang tidur nyenyak- yang kami sebut tidur gelombang lambat (SWS) – hormon pertumbuhan dilepaskan,” kata Phil Gehrman, PhD, CBSM, Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

Tidur yang direkomendasikan adalah tidur selama 7 jam sehari dengan kondisi lampu dimatikan. Pada saat ini terjadi, tubuh akan meregenerasi diri dengan baik, bahkan membuat pertahanan diri dari masalah seperti kanker. Saat Anda tidur tubuh juga terhindar dari kerusakan tulang seperti dilansir dari Huffington Post.
Tidur teratur dan berkualitas, mampu meringankan beban otak sehingga bisa membuat kita terhindar dari problem kepikunan dan sulit konsentrasi. Bila Anda dalam kondisi sangat lelah, sebaiknya pindahkan bantal di kepala untuk menyangga betis dan lutut Anda. Tidurlah dalam posisi terlentang dan lampu dimatikan.

Semoga bermanfaat ya :)


Tag : Kesehatan
6 Komentar untuk "Akibat Sering Begadang dan Efek Sampingnya"

asal jangan keseringan, kasian tuh matanya :D

aku juga sering begadang kk -_-

sekali kali gpp , tapi kalo keseringan bisa bahaya ke otak sama jantungnya :)

akibat sering bergadang itu memliki efek yang sangat tidak baik bagi kesehatan ya min,akan saya kurangi..
Penurun Berat Badan Cepat

saya hampir tiap hri begadang hehe,, efek ny banayk sekali ternyata ya,,,

Back To Top